Jumat, 16 Oktober 2015

penantian ku untuk mu





Penantian ku untuk mu

 
            Di sini adalah kenanganku tentangnya , di tempat ini aku mendengar semua tengtangnya, tentangnya yang sudah dimiliki oleh orang lain. Disinilah untuk pertama kalinya aku merasa benar benar kecewa, kekecewaan yang amat dalam. Hasil dari penanntian ku untuknya untuk Iqbal. Entah dulu aku mengenalnya bagaimana tapi rasa itu tiba tiba muncul dalam hatiku. Tapi karena pengecutnya aku, aku tak pernah mengungkapkan perasaanku padanya. Disini taman biasa aku dapat melihatnya terseyum, bercanda dengan teman temannya, aku hanya dapat melihatnya dari jauh.
            “ hayo, kamu lagi lamunin apa” tegur citra membangunkan lamunanku tentangnya
            “ apaan sih, aku aku tidak melamun tau, aku hanya mengaguminya saja” jawabku
            “ah gak asik” jawab citra. “eh ayo ke kantin perutku laper ni” ajak citra.
            “ ia ia, tapi tunggu bentar deh  aku lupa gak bawa uang ni, aku pinjam uang kamu dulu ya, tenang aku ganti kok”
            “ sip deh, ayo buruan aku udah laper ni. Ajak citra
            Sesampai di kantin aku memesan bakso kesukanku yang emang sudah jadi kebiasaan ku setiap kekantin selalu menu makanan yang tak pernah absain dari menu makananku BAKSO. Tak lupa citra juga memesan makanan favoritnya nasi pecel mbok Darmi yang sudah terkenal seantero sekolah yang kelezatannya tak terkalahkan oleh nasi pecel di mana pun. Itu kata kata yang selalu di ucabkan sahabatkku yang satu ini saat makan nasi pecel mbok Darmi seperti saat ini.
            “ nasi pecel mbok Darmi memang tak terkalahkan dari nasi pecel dimanapun, nasi pecel mbok Darmi emang top deh” guman citra yang penuh nasi pecel di mulutnya.
            “ ia ia tau, tapi kalo makan jangan sambil ngomong dong tu nasi pecel kemana mana tau” jawab ku
            “ hahahaha maaf lisa kamu kan tau kalo aku suka banget sama nasi pecel mbok Darmi jadi gini nih kalo udah makan nasi pecel terlezat ini.
            “ia ia aku tau, udah deh habisin tu nasi pecel baru kamu ngomong lagi keburu bel masuk tau”
            “oce oce” jawab citra.


            Hari ini aku sengaja tidak pulang bersama citra, aku ingin ketaman buat refresing karena hari ini banyak sekali tugas yang harus di kerjakan. Sesampai ditaman aku duduk di tempat biasa, di bawah pohon mangga tak lupa pasang handsed di telinga. Aku jadi inget bagaimana dulu aku sangat kagum dengan Iqbal sampai sekarang.
            Dulu aku tak sengaja mengenal Iqbal di tempat bimbel dia baik, dia ceria, dia usil tapi dia menyenangkan. Aku dekat dengan iqbal hanya di tempat bimbel saja. Di sekolah kita tidak seakrab di tempat bimbel, entah kenapa aku juga tidak tau alasannya. Kalau pulang bimbel aku sering sekali pulang dengannya karena rumah kita memang searah. Entah mulai sejak itu atau apa aku mulai mengaguminya.
            Waktu itu aku tidak sengaja tiba tiba aku berbarengan tambahan di tempat bimbel dengannya. Waktu itu aku ambil tambahan fisika dia juga sama. Selama tambahan iqbal sibuk banget dengan sms yang masuk di hpnya, aku yang waktu itu aku gak sengaja membaca siapa yang mengirim sms menegur iqbal.
            “ hayo kok sibuk amat sih dari tadi aku lihat, lagi sms sama pacarnya ya” goda ku
            “Ah gak lah aku lagi sms sama temanku aja kok” jawab iqbal.
            “ tapi kok serius banget ah pasti dari ceweknya” goda ku sambil cubit pinggangnya
            Akhirnya kita bercada sampai sampai guru bimbelnya ngambek soalnya di tinggal bercanda sendiri sama kita kita. Sepulang bimbel biasa aku pulang sama iqbal. Tapi entah kali ini aku merasa beda, aku merasa yang tak pernah aku rasaain saat aku di dekat iqbal, aku suka aroma tubuhnya, aromanya begitu lembut. Saat itu dalam hati aku berdoa.
            “ tuhan apa yang aku rasakan saat ini, tuhan aku mengaguminya tapi aku takut, aku takut dia tidak merasakan seperti yang aku rasakan. Tuhan jika dia memang untukku dekatkan dia pada ku, tetapi tuhan jika dia bukan untukku jauhkan dia dari ku dan jangan pernah tumbuhkan perasaan ini tuhan aku mohon, tuhan jika aku berlebihan untuk mencintainya biarkan dia bahagia dengan yang lainnya, tetapi jika memang dia untukku biarkan dia bersamaku.
            Selama perjalan pulang waktu itu hanya aku habiskan dalam diam, dan sunyi malam bersama iqbal. Entah waktu itu iqbal juga diam, yang biasanya dia sangat usil tapi malam itu dia diam dalam sunyi malam dan hanya fokus pada jalan raya  hingga tak terasa sudah sampai di depan gang rumah yang memang biasa sampai situ.
            “eh udah sampai ni, mau sampai kapan mau nongkrong di sepedaku” tegur iqbal dengan nada usilnya.
            Baru saja dia diam mulai deh usilnya.” Ia ia gitu aja pakek sewot, aku tau kok kalau udah sampai ni jaket kamu” dengan nada sewot aku berikan jaket iqbal.
            “ye gitu aja marah” balas iqbal
            “biarin kamu sih”
            “Ia ia duhh gitu aja marah”
            “udah udah sana pulang udah malam tau”
            “ia udah tau kali dari tadi” jawab iqbal
            “ia udah hati hati di jalan’ sambil melambaikan tangan aku masih terdiam di depan gang melihat kepergian iqbal malam itu.


            Sama seperti biasanya aku hanya dapat melihatnya dan mengagumi apa yang ada pada dirinya dari jauh, dari dalam musollah aku melihatnya dengan segerombolan temannya bercanda, tertawa, usil kepada teman teman yang lewat di depannnya. Aku hanya tertawa dari jauh melihat semua tingkah laku yang dia lakukan.
            Ya seperti itu aku dengan iqbal bisa dekat dan mungkin sangat dekat hanya di tempat bimbel saja. Tetapi tidak di sekolah, jika di sekolah kita ketemu hanya tegur sapa saja seperti saat ini.
            “ hai bal “ tegurku
            “hai juga lis, dari  mana” tanyanya.
            “dari sholat terus mau kekantin” jawabku
            “owalah”
            “ya udah aku duluan ya” jawab ku
            “oce”
            Dengan melambaikan tangan aku kekantin. Ya seperti itulah kalau aku dan iqbal di sekolah hanya bertegur sapa,” andai aku bisa bercanda seperti di tempat bimbel dengannya” batin ku
            “ ah udah udah sudah untung kita bertegur sapa dari pada tidak sama sekali” gumanku dalam hati


            Terus pernah waktu itu, waktu pulang sekolah aku sedang duduk biasa di taman menikmati udara, tiba tiba iqbal lewat di depanku. Kamu tau waktu itu dia pakai topi pertama kali aku gak tau kalau itu iqbal soalnya dia beda banget, dia tambah cakep. Itu pertama kalinya aku melihat iqbal pakek topi dan dia benar benar cakep.
            “hai wi ngapain disini sendirian, mau cari pesugian apa” tanya iqbal dengan nada usilnya.
            “ah apaan sih kamu bal, aku lagi duduk duduk aja males mau pulang, la kamu sendiri ngapain tumben Banget kamu lewat sini.”tanya ku.
            “emang ni jalan punya kamu doang wi, ya pengen aja lewat sini kan aku cari suasana baru bosen lewat sana terus” jawab iqbal sambil duduk di sampingku.
            Tuhan kenapa aku jadi deg degan begininya” batinku
            “ eh kamu lamunin apaan sih” tegur iqbal
            “ eh ah, apa kamu bilang apa barusan” jawabku gugup.
            “ kamu itu lo lagi lamunin apa dewi?” ulang iqbal
            “ohh gak lamunin apa apa kok” jawabku seadanya
            “ eh wi aku duluan ya udah sore ni, kamu gak pulang apa?” tanya iqbal
            “ eh ia bentar lagi pulang kok” jawabku
            “ oce aku duluan ya wi” pamit iqbal.
            “ia hati hati di jalan” lambai tanganku.
            Sore itu begitu indah buatku, pertama aku bisa duduk bersama iqbal di tempat favoritku, kedua aku melihat yang tak biasa kau lihat aku lihat iqbal pakek topi, pemandangan yang langka untukku.


            Ini kenangan tentang iqbal yang benar benar menyakitkan untukku. Waktu itu aku ada jadwal bimbel sepulang sekolah, awalnya aku senang senang aja bimbel sebelum perayaan ulta salah satu teman bimbel ku dan akhirnya ultanya di rayain di sana kita senang senang bersama, makan kue, foto foto, pokoknya seru dan iqbal ngasih aku kue.
            “ ni kue punyaku, makan ni”ulur iqbal kepadaku
            “ buatku, tumben kamu baik banget sama aku biasanya usil banget” tanya ku sambil mengambil kue dari tangannya.
            “emang gak boleh aku baik tumben tumben tau aku baik” jawab iqbal
            “ia juga sih langka banget ni terima kasih deh” jawabku
            “ oce sama sama” jawab iqbal
            “eh aku dulua ya udah di tunggu temen temen nih” pamit iqbal
            “oh ia” jawabku
             Dalam diam aku melihat kepergiannya iqbal dan yang gak aku sangka dia ngebonceng cewek pulang, ia sih cewek itu temen bimbel ku, tapi entah perasaan ini sangat menyakitkan setelah melihat kejadian itu selama bimbel aku jadi gak fokus. Aku jadi memikirkan iqbal terus.
            Di dalam angkot pun aku juga masih saja memikirkan iqbal hingga tak terasa beberapa butir air mata menetes di pipi ku
            “kenapa harus nangis sih, udah dong jangan nangis kalau iqbal buat kamu pasti dia kembali padamu” batinku. Dan di dalam angkot aku hanya terdiam merasakan kekecewaan yang amat berat yang aku rasakan. Kenapa aku harus melihat kejadian itu.
            Beberapa hari setelah kejadian itu aku agak menjauh dari iqbal di tempat bimbel ataupun di sekolah, jadinya aku hanya melihat iqbal dari jauh dan hanya jika aku gak sengaja melihatnya mulai aku dari aku melihatnya dari dalam musollah, dari jendela kelasnya, dari lab, dari taman biasa aku duduk sampai akhirnya waktu bimbel iqbal tiba tiba ngajak aku pulang bareng.
            “ eh lis ayo aku anterin pulang” tawar iqbal
            “ndak ah nannti pacar kamu marah lagi” jawabku dengan nanda menggoda.
            “ah kamu lis aku belum punya pacar kali, nanti nanti aja cari pacar” jawab iqbal
            “tapi yang waktu itu”
            “tu sih bukan tu Cuma teman ku kali”jawab iqbal
            “ohh gitu” jawabku
            “ udah deh ayo pulang keburu malem tau” ajak iqbal
            “ iaia duuuhhhh”
             Selam perjalannan pulang kita bercanda di atas motor entah itu ngobrol tentang pacar, tentang sekolah, tentang universitas ya bayak lah. Sampai gak terasa sudah sampai di depan gang rumah.
            “ sudah sudah turun dari motorku”
            “ ah kamu bal” sambil jitak kepalanya
            “ adu, ih kamu lis jail banget sih jitak kepala orang”
            “ haha biarin kamu sih” sambil julurin lidah (wuek)
            “awas ya kamu” ancam iqbal
            “biarin gak takut, udah sana pulang keburu malem tau”
            “ia ni juga mau pulang tau”
            “terima kasih ngerepotin”
            “ia ia nyantai aja” jawab iqbal
            Seperti biasa aku hanya dapat mengaguminya saja dan takkan pernah lebih dari itu. Hanya kagum karena dia begitu jauh untuk ku raih, begitu jauh untuk ku genggam. Mulai malem itu aku sudah seperti biasa dengan iqbal hingga kejadian di sekolah itu terjadi.
            “ eh aku baru jadian sama cewek, dia anak SMA 1 Pandaan” kata iqbal kepada temannya.
            Yang saat itu aku gak sengaja lewat di dekatnya pastinya aku mendengar apa yang iqbal katakan sama temanya. Saat itu hati ku begitu hancur, sakit, aku hanya bisa lari ke taman . hanya bisa menangis dalam kesunyian taman, hanya bisa menerima apa yang sudah terjadi.
            Sudah tidak ada lagi kesempatan untukku. Untuk mendapatkannya, sudah tidak ada tempat lagi untukku di hatinya. Semua harapankku penanntianku dan semua kesabaranku hancur hari itu. Hanya bisa mengaguminya tanpa dapat mencintainnya.
Tak terasa air mata menetes di pipi ku mengenang masa itu, masa yang penuh penantian, yang penantian tanpa ada hasilnya, penantian yang begitu menyakitkan. Mulai saat ini aku akan jalani hidupku seperti biasa. Melihat orang yang kita cintai bahagia itu adalah kebahagiaan tersendiri bagiku. Terima kasih sudah memberiku pelajaran yang begitu indah tentang cinta. Terima kasih iqbal aku mencintaimu tapi itu semua hanya akan tersimpan dalam hati ku saja.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar